Electronic Resource
Rencana Bisnis Produk Pempek Rainbow Goyang Lidah Dengan Analisa Model Bisnis Kanvas
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui customer segment dan 2) mendapatkan
value propositions pada bisnis produk Pempek Rainbow Goyang Lidah.
Metode yang digunakan dalam penyusunan model bisnis adalah metode action
research, dengan dua tahap pengujian yaitu uji masalah dan uji solusi dengan
wawancara terhadap 45 responden dan observasi potensi-potensi competitor,
konsumen.
Penelitian ini menemukan hasil pada customer segments dari produk pempek
berusia berusia 20 tahun sampai usia 55 tahun, yang berprofesi sebagai karyawan,
wiraswasta, mahasiswa dan ibu rumah tangga dan value propositions meliputi
perubahan pada unique rasa, halal, harga, pewarna alami dan level cuka.
Pada ekstraksi model awal customer segment dari produk pempek berusia 15 tahun
sampai 60 tahun dan value propositions meliputi unique rasa, level cuka, halal,
pewarna alami dan kertas saran. Dengan mengalami perubahan dalam wawancara,
pada customer segment berusia 20 tahun sebagian mahasiswa atau individu yang
telah memiliki pekerjaan dan pendapatan setiap bulannya, sampai usia 55 tahun
kalangan kelas menengah atas yang berprofesi sebagai wiraswasta dan ibu rumah
tangga dan value propositions mengalami perubahan pada unique rasa dari pempek,
kehalalan bahan baku yang digunakan, dengan tambahan harga yang tidak terlalu
mahal, pewarna alami yang digunakan pada pempek dan level cuka yang terdiri dari
tiga level manis, sedang dan pedas.
No other version available