Electronic Resource
Analisa Model Bisnis Kanvas Pada Rencana Bisnis Produk De Cane (Tebu Botol)
Kondisi fisik yang prima dan sehat adalah harapan bagi setiap manusia.
Tanpanya, segala aktifitas, kegiatan, maupun pekerjaan sedikit banyak akan
terganggu akibat dari pengaruh penurunan kinerja tubuh. Preferensi masyarakat
ASEAN terhadap produk makanan dan minuman sehat serta memiliki rasa manis
sudah terjadi sejak lima tahun belakangan. Penelitian lain menunjukkan, produk
nabati mengalami peningkatan hingga 62% secara global yang meliputi
pertumbuhan terhadap protein nabati, pemanis herbal dan bahan pewarna alami.
Tebu merupakan salah satu komoditi perkebunan yang memiliki peran strategis.
Dengan luas areal sekitar 420.000 hektar di tahun 2017, perkebunan tebu di
Indonesia mampu menghasilkan tebu hingga lebih dari 2.000.000 ton dalam satu
tahun. Rencana bisnis model ini dibuat untuk mengukur kelayakan produk serta
penetapan Customer Segment, Value Propositions, Channels. dan Customer
Relatioships. Metode yang digunakan dalam penyusunan model bisnis ini adalah
metode action research dengan dua tahap pengujian yakni uji masalah dan uji
solusi. Setelah dilakukan dua kali pengujian dengan wawancara kepada 40
responden, didapatkan hasil bahwa Customer Segment dari produk ini adalah laki
laki dan perempuan yang merupakan masyarakat Bogor dengan usia 15 tahun
keatas dengan penghasilan setidaknya Rp. 3.500.000 sebulan dan masyarakat
dengan pola hidup sehat, Value Propositions produk ini adalah kandungan gizi,
tingkat kemanisan, rasa, packaging, logo halal, dan higienis. Channels produk ini
melalui toko sendiri, kegiatan bazar dan media online,. Sementara Customer
Relationships produk ini yaitu penerapan service excellence, jaminan atau garansi
100% uang kembali, diskon, dan contact us.
No other version available