Electronic Resource
Analisis Dampak Efektifitas Mentoring Pendidikan Islami Terhadap Pembinaan Dan Liqo Anak Juara Rumah Zakat (Studi Kasus :Rumah Zakat Lazis Al- Furqon Bekasi )
Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas
beragama islam. Dengan banyaknya orang muslim di negara Indonesia ini, tidak
membuat negara yang juga kaya akan sumber daya alamnya ini menjadi negara
yang baik dalam hal pendidikan, akhlaq, politik, ekonomi, dan berbagai sektor
lainnya. Selama ini Indonesia banyak mengalami krisis, khususnya dalam krisis
akhlaq remaja. Karena dalam fase remaja ini, remaja mengalami pertumbuhan
fisik, perkembangan pola pikir dan kematangan diri yang siap untuk diberdayakan
secara optimal. Pemberdayaan potensi remaja tentunya memerlukan pendidik
yang terampil dan dukungan penuh dari lingkungannya. Adapun potensi tersebut
tercermin dari beberapa wujud, seperti bakat, minat, intelegensi, dan kemampuan
lainnya. Hal ini perlu ditunjang dengan adanya pendampingan serta pembelajaran
pendidikan islami (Akhlaq) untuk para remaja. Salah satu metode yang cocok
terkait hal ini ialah sistem mentoring. Mentoring merupakan metode yang tepat
dalam membentuk karakter agamis dan mengajarkan pendidikan Islam ke anak –
anak khususnya kepada remaja. Dalam hal ini rumah zakat hadir sebagai
fasilitator pendamping mentoring pendidikan islami (akhlaq) untuk anak – anak
Indonesia. Dalam lembaga Rumah Zakat terdapat pilar senyum juara yang mana
dalam program ini khusus menangani masalah kualitas pendidikan anak – anak di
Indonesia melalui dengan banyak program pendidikan yang telah disediakan oleh
rumah zakat. Divisi khusus rumah zakat yang menangani kualitas pendidikan
anak – anak Indonesia ialah Indonesia Juara Foundation (IJF). Dalam penelitian
ini terdapat 31 responden anak juara Lazis Al-Furqon sebagai pusat penelitian
No other version available