Electronic Resource
Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Bidang Ekonomi Kreatif Sektor Kriya (Studi Kasus Pada Pengusaha Kerajinan Tangan Souvenir Kelurahan Ganjaragung,Kecamatan Metro Barat,Kota Metro Lampung)
Ekonomi kreatif terbagi menjadi 16 sektor yang salah satunya
adalah kriya atau kerajinan tangan. Perkembangan ekonomi kreatif dapat
diyakini sebagai salah satu cara untuk dapat mengikuti perkembangan
ekonomi pasar global baik pada negara-negara berkembang maupun
negara maju. Sesuai dengan data pasar ekspor ekonomi kreatif di
Indonesia, menurut Ekonomi Kreatif sektor kriya berada pada urutan
kedua sebesar 39,01 persen. Hal ini menggambarkan bahwa potensi pasar
ekonomi kreatif khususnya disektor kriya, banyak diminati oleh pasar luar
negeri.
Dari latar belakang diatas, maka peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian yang berjudul “Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam
Bidang Ekonomi Kreatif Sektor Kriya (Studi Kasus Pada Pengusaha
Kerajinan Tangan Souvenir Kelurahan Ganjaragung, Kecamatan Metro
Barat, Kota Metro Lampung)”. Dalam rangka mengetahui penerapan etika
bisnis pada usaha kerajinan tangan souvenir dalam bidang ekonomi kreatif,
apakah sudah sesuai berdasarkan standar etika bisnis Islam dengan
menjadikan Al-qur’an dan Hadits sebagai tuntutan sebagai landasan
hukum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menggunakan
analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan data-data yang peneliti
kumpulkan baik dari hasil wawancara, obervasi, dan dokumentasi selama
mengadakan penelitian di pengusaha kerajinan tangan souvenir Kelurahan
Ganjaragung, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro Lampung
No other version available