Electronic Resource
Rencana bisnis herbal jahe merah azwan dengan analisis bisnis model kanvas
Penelitian ini bertujuan untuk, 1). menganalisis Customer Segment yang
tepat untuk perencanaan usaha “Jahe Merah Azwan”, 2). menganalisis Value
Proposition yang tepat untuk perencanaan “Jahe Merah Azwan”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode action
research (penelitian tindakan). Model dasar action research yang diterapkan
meliputi tahapan: Perencanaan (Planning), Pelaksanaan (Action), Pengamatan
(Evaluation), dan Refleksi (Replanning). Data dikumpulkan dengan 2 teknik, yaitu
wawancara dan observasi. Responden penelitian adalah konsumen yang terdiri dari
Mahasiswa, Satpam, Driver Ojek Online. Untuk menganalisis data, dilakukan
dengan 7 tahap, mencakup ekstraksi hipotesis (hypothesis extraction), analisis
industri (industry analysis), analisis ukuran pasar (market size analysis), uji
masalah (test the problem), diskusi model bisnis (business model discussion), uji
solusi (test the solution), dan verifikasi model bisnis (business model verification).
Hasil penelitian menemukan bahwa customer segment dan value
proposition pada bisnis Jahe Merah Azwan adalah dengan kategori mahasiswa,
satpam, dan Driver Gojek Online. Sedangkan pada value proposition Jahe Merah
Azwan diantaranya, Menggunakan Packeging yang berkualitas dan premium,
menggunakan bahan baku yang berkualitas, cita rasa yang khas, pelayanan offline
dan online, memberikan diskon pada hari-hari besar.
No other version available