Electronic Resource
Konsep Busniss Model Canvas (BMC) Pengembangan Rumah Kedua Coffee
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis yang berkelanjutan
untuk Rumah Kedua Coffee, sebuah kedai kopi di Kecamatan Tanah Sereal, Kota
Bogor, Provinsi Jawa Barat. Melalui pendekatan action research dengan metode
kualitatif, penelitian ini mengidentifikasi dan mengevaluasi beberapa elemen kunci
dalam model bisnis, termasuk kenyamanan dan, efisiensi layanan, serta segmentasi
pelanggan dan nilai proposisi (Value Proposition ).
Metodologi: Penelitian ini dilaksanakan dari Juni 2021 hingga September 2021 di
wilayah Bogor. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan survei
kepada responden yang terdiri dari pekerja, mahasiswa, dan masyarakat umum,
dengan rentang usia 15-50 tahun. Dari hasil analisis, model operasional Rumah
Kedua Coffee diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam
dengan fokus pada kenyamanan, dan ketepatan waktu.
Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perubahan
signifikan pada elemen customer segment, namun terdapat tambahan pada Value
Proposition dengan membuat menu seasonal setiap bulan dan meningkatkan wifi
untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Rekomendasi penelitian ini menekankan
pentingnya implementasi model bisnis yang diusulkan dan peningkatan kualitas
pelayanan untuk mendukung keberlanjutan bisnis Rumah Kedua Coffee.
No other version available