Electronic Resource
Rencana Bisnis Fotografi ”Udara Subuh Pict” Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Rencana Bisnis Fotografi "Udara Subuh Pict" ini merupakan sebuah usaha jasa fotografi komersial yang berlokasi di kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model bisnis kanvas yang tepat berdasarkan analisis value proposition dan customer segment yang menjadi target utama bisnis ini. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap calon customer segment. Selain itu juga dilakukan studi literatur terkait bisnis fotografi dan ekstraksi terhadap beberapa model bisnis jasa fotografi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, customer segment utama yang menjadi sasaran bisnis ini adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner dan Fashion (Pakaian Islami) di Jabodetabek. Hal ini didasari oleh tingginya jumlah UMKM di Jabodetabek yang membutuhkan jasa pembuatan konten foto profesional untuk kegiatan pemasarannya. Value proposition utama yang ditawarkan adalah jasa fotografi produk dengan harga terjangkau, kualitas foto tinggi, berbagai pilihan paket layanan sesuai kebutuhan, hingga after sales service berupa editing foto. Sementara itu, analisis SWOT menunjukkan peluang bisnis ini cukup besar namun harus memperhatikan persaingan usaha serupa yang ada. Hasil verifikasi model bisnis menunjukkan bahwa rencana ini layak untuk dikembangkan dan membuka peluang terjadinya peningkatan kualitas produk UMKM lokal melalui pembuatan konten foto yang profesional. Diharapkan bisnis ini dapat berkontribusi dalam upaya peningkatan kreativitas bisnis UMKM di kota tersebut. Namun perlu adanya strategi pemasaran yang matang dan pendekatan pelanggan secara personal agar dapat bersaing di industri ini.
No other version available