Electronic Resource
Investigasi Strategi Pemasaran, Perilaku Dan Omzet Penjualan Umkm Pada Pengaturan Tiktok Di Jabodetabek
Tujuan: Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Mengetahui perubahan regulasi pemerintah dan sistem TikTok Shop yang baru setelah kolaborasi dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. Menginvestigasi dampak transformasi TikTok Shop yang baru terhadap UMKM dari segi Omzet penjualan, pola pemasaran dan respon masyarakat khususnya UMKM pengguna TikTok terhadap adanya transformasi TikTok Shop yang baru. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer berupa Wawancara dan Observasi Non-partisipan, olah data yang kami gunakan adalah metode yang diperkenalkan oleh Males & Huberman (1994) Teknik analisis ini terdiri dari tiga bagian, yaitu: 1.reduksi data, 2.penyajian data, 3.kesimpulan/ verifikasi. Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1.Terdapat sedikit perubahan regulasi dan fitur yang diterapkan oleh TikTok sendiri setelah berkolaborasi dengan Tokopedia, terutama dari segi tampilan, pendaftaran dan Algoritmanya. 2.Strategi pemasaran mengalami dampak sedikit perubahan. 3.Omzet penjualan UMKM setelah transformasi TikTok mengalami sedikit dampak berupa sedikit penurunan omzet penjualan UMKM di JABODETABEK. Hal ini diakibatkan makin sedikitnya promosi dan naiknya pajak TikTok Shop yang baru. 4. Dengan adanya Transformasi TikTok Shop ini, respon UMKM kecil merespons negatif karena mereka beranggapan bahwa Transformasi TikTok yang baru makin sulit FYP dan pendaftarannya, namun mereka tetap positif dengan dibukanya kembali TikTok Shop karena bisa berjualan kembali. Respons cenderung santai (netral) oleh para UMKM menengah ke atas, mereka menganggap bahwa dengan adanya transformasi TikTok Shop yang baru atas pengawasan pemerintah seharusnya bisa lebih teratur dan keamanan data kita bisa lebih terjamin sehingga bisa berjualan kembali di TikTok Shop dengan nyaman dan tenang.
No other version available