Rencana Bisnis Pertanian Melon Hidroponik “Daun Tani Indonesia” Dengan Analisis Mode Bisnis Kanvas
"Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk menyusun recana bisnis yang
sesuai pada usaha melon hidroponik Daun Tani Indonesia.
Penelitian usaha melon hidroponik Daun Tani Indonesia adalah
pencarian customer segment dan value proposition. Model bisnis
Daun Tani Indonesia ini dirancang dengan metode action research
dan instrumen yang digunakan adalah wawancara dan menggunakan
dua tahap pengujian, yaitu tahap uji masalah dan tahap uji solusi.
Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif
deskriptif pada wilayah Kota Bekasi, Kota Bogor dan Kabupaten
Bogor. Data penelitian Bisnis Model Kanvas ini diperoleh dari
wawanacara terhadap 10 partisipan yang terdiri dari petani
hidroponik dan calon konsumen. Dalam wawancara dapat diketahui
apa yang menjadi masalah terhadap produk yang akan dijalani dan
pada tahap uji solusi penulis dapat mengetahui solusi apa yang
dirancang terkait permasalahan tersebut.
Temuan : Hasil dari penelitian ini adalah peneliti berhasil mendapatkan
rancangan customer segment yaitu supermarket, toko buah premium,
restoran kalangan atas, catering kalangan atas, hotel berbintang
tinggi, ibu-ibu sosialita, dan instansi pendidikan TK dan SD. Adapun
untuk value proposition yang ditawarkan adalah melon segar dan
manis, melon higienis dan tahan lama, harga kompetitif, banyak
pilihan melon bibit unggul, packaging simpel dan menarik, dan
wisata petik melon beserta pendidikan pertanian melon"
No other version available