Electronic Resource
Pengaruh Objek Wisata Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Dan Konsep Objek Wisata Syariah (Studi Kasus Di Pantai Tanjung Kelayang, Kabupaten Belitung)
Obyek wisata adalah sumber yang mampu berkontribusi dan memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap ekonomi masyarakat sekitar. Sumatera
Selatan yang merupakan daerah yang memiliki banyak potensi dan merupakan
salah satu tujuan untuk menghabiskan akhir pekan gerbang bagi masyarakat
Belitung dan sekitarnya, dan salah satu kegiatan pariwisata Pantai Tanjung
Kelayang, penelitian ini berfokus pada menganalisis dampak dari masyarakat
sekitar, penelitian ini menggunakan metode regresi dengan variabel dependen nya
kondisi sosial ekonomi masyarakat dan variabel indenpenden adalah ketersedian
lapangan pekerjaan dan aktifitas ekonomi. Penelitian ini juga membahas makna
konsep wisata syariah berdasarkan Syariah Nasional (DSN) Dewan Ulama
Indonesia (MUI) dan Kementerian ekonomi dan pariwisata kreatif.
Di Indonesia pariwisata memberikan dampak yang besar terhadap GDP
negara. Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan penduduk muslim
terbanyak di dunia, hampir 85% penduduk Indonesia beragama islam. Penelitian
ini ingin melihat pengaruh pariwisata pariwisata terhadap ekonomi dalam lingkup
yang kecil dan membuat suatu konsep objek wisata syariah. Hasil dari penelitian
ini memunculkan angka pengaruh sebesar 0.003 < taraf nyata 0.05 yang berarti
adanya objek wisata Pantai Tanjung Kelayang ini mempengaruhi perekonomian
masyarakat sekitar dilihat dari perubahan aktifitas ekonomi mereka. Objek wisata
ini melengkapi 90% kriteria objek wisata alam syariah.
No other version available