Electronic Resource
Analisis Faktor-faktor Yang Memengaruhi Kepercayaan Masyarakat Terhadap Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Studi Kasus:Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (JABODETABEK)
Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk Muslim. Hal
tersebut merupakan aset terbesar dalam penghimpunan dana zakat pada
Organisasi Pengelola Zakat. Ketika potensi zakat yang dimiliki Indonesia semakin
besar, maka terdapat dana potensial yang sangat besar yang dapat dimanfaatkan
untuk pengembangan ekonomi melalui pengentasan kemiskinan dan membangun
kesejahteraan masyarakat di Indonesia. Salah satu fenomena yang ada di
Indonesia pada saat ini adalah rendahnya penghimpunan dana zakat pada
Organisasi Pengelola Zakat yang tidak terlepas dari rendahnya kepercayaan
masyarakat terhadap Organisasi Pengelola Zakat tersebut (PIRAC, 2004).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengearuh kualitas
pelayanan, pengetahuan zakat, tingkat religiusitas serta transparansi terhadap
kepercayaan masyarakat pada Organisasi Pengelola Zakat di JABODETABEK.
Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode penelitian
ini menggunakan model regresi Ordinal Logit. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan dan pengetahuan zakat berpengaruh signifikan terhadap
kepercayaan masyarakat pada Organisasi Pengelola Zakat dengan nilai
signifikansi kualitas pelayanan = 0,000 dan pengetahuan zakat = 0,001.
No other version available