Electronic Resource
Analisis brand equity terhadap loyalitas pelanggan pada rumah makan Bebek Royal Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand equity
yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, dan kesan kualitas
terhadap loyalitas pelanggan di rumah makan Bebek Royal Tangerang
dengan metode regresi berganda dan menggunakan bantuan SPSS 16.0 for
Windows.
Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini
menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa analisis data dengan metode regresi linier berganda
menunjukkan bahwa variabel asosiasi merek dan persepsi kualitas
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di rumah
makan Bebek Royal Tangerang.
Hal ini dapat dilihat dari metode analisis berganda secara simultan
(uji F) dimana Fhitung (18,114) > F-tabel (8,55) pada α =5% dengan tingkat
signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji parsial (uji-t) bahwa dari keempat
variabel bebas brand equity yang paling dominan adalah variabel persepsi
kualitas (X3) dengan nilai t-hitung (3,849). Analisis koefisien determinasi
(R2) dilihat dari nilai Adjusted R2 sebesar 34% yang berarti variabel terikat
yaitu loyalitas pelanggan dapat dijelaskan dengan menggunakan variabel
bebas yaitu brand equity yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek,
dan persepsi kualitas, sedangka sisanya sebesar 66% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
No other version available