Electronic Resource
Faktor eksternal dan faktor internal yang mempengaruhi profitabilitas bank syariah di Indonesia
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah bauran pemasaran berpengaruh
terhadap loyalitas konsumen pada Aura Refill Parfum Ciputat Tanggerang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berbelanja di Aura Refill Parfum Ciputat yaitu
sebanyak 100 sampel. Variabel dalam penelitian ini adalah bauran pemasaran (produk ,price,
place dan promotion) sebagai variabel bebas dan loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat.
Data diambil dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan pembagian kuesioner
serta dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif signifikan antara
bauran pemasaran. Variabel produk memiliki pengaruh paling dominan bagi loyalitas pelanggan
dengan nilai standardized coefficients sebesar 0,305 yang nilainya lebih tinggi dari variabel
lainnya (place 0,180; price 0,303; dan promotion 0,234). Sedangkan secara simultan variabel
bauran pemasaran mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan yang
dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Kemudian kontribusi variabel bauran
pemasaran terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,773 yang artinya adalah variabel tersebut
memberikan kontribusi pada variabel loyalitas pelanggan sebesar 77,3%, sedangkan sisanya
sebesar 22,7% dipengaruhi oleh varian lain di luar model penelitian.
Berdasarkan hal tersebut maka disarankan kepada Aura Refill Parfum Ciputat untuk
selalu menjaga dan mempertahankan kualitas produknya. Karena semakin tinggi kualitas suatu
produk maka loyalitas pelanggan akan semakin meningkat.
No other version available