Electronic Resource
Analisa Determinan Preferensi Bank Syariah Di Kabupaten Bogor
Perkembangan ekonomi Islam di Indonesia ditandai dengan pesatnya
kajian dan publikasi mengenai prinsip-prinsip dan praktek–praktek ekonomi
syariah. Pertumbuhan perbankan syariah cukup pesat namun masih jauh
dibandingkan dengan perbankan konvensional terbukti dari jumlah Dana Pihak
Ketiga (DPK) perbankan konvensional yang hampir 20 kali dari jumlah DPK
perbankan syariah. Hal ini terlihat dari semakin pesatnya pertumbuhan keuangan
berbasis syariah, seperti perbankan syariah. Akan tetapi belum sepenuhnya
mendapat sambutan dari masyarakat Kabupaten Bogor, hal ini dapat diindikasikan
dengan masih minimnya masyarakat Kabupaten Bogor menjadi nasabah bank
syariah dan masih banyak yang beranggapan bahwa menabung di bank syariah
sama saja dengan menabung di bank konvensional.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan,
Produk dan Fatwa MUI terhadap preferensi masyarakat Bank Syariah di
Kabupaten Bogor. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Bank Syariah di
Kabupaten Bogor. Pengambilan sampel menggunakan sampling insidential
sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data melalui google form
kuisioner. Teknik analisa yang digunakan adalah SEMPLS.
Dari hasil analisis yang dilakukan diketahui bahwa variabel Pengetahuan,
Produk dan Fatwa MUI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap preferensi
masyarakat Bank Syariah di Kabupaten Bogor. Hal ini dapat dilihat dari nilai
signifikansinya uji t signifikansinya sebesar 0.001 0.05, Pengetahuan sebesar
0.001 0.05, Produk sebesar 0.001 0.05, variabel fatwa MUI sebesar 0.001
0.05.
No other version available