Electronic Resource
Pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan penggunaan produk pembiayaan BMT (studi pada BMT Al - Kautsar Jogorogo Ngawi)
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji pengaruh faktor
psikologis terhadap keputusan penggunaan produk pembiayaan BMT Al-Kautsar
Jogorogo Ngawi. Faktor psikologi meliputi motivasi, persepsi pembelajaran,
keyakinan dan sikap.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif,
sedangkan teknik penggumpulan data menggunakan metode observasi dengan
kuisioner. Pengukuran yang digunakan dengan menggunakan skala Likert untuk
variabel independen dan skala interval murni untuk mengukur variable dependen.
Sedangkan analisa data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis yang terdiri dari
variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), sikap dan kepercayaan
(X4), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan
produk pembiayaan BMT Al-Kautsar Jogorogo Ngawi (Y) dengan nilai Fhitung
sebesar 14,189 dan tingkat signifikansi 0,000. Selain itu nilai Adjusted R Square
(R2
) yang diperoleh adalah 0,450 (45 %). Kesimpulan dari penelitian ini secara
simultan dan parsial keempat variabel faktor psikologis tersebut berpengaruh
terhadap keputusan penggunaan produk pembiayaan BMT Al-Kautsar Jogorogo
Ngawi. Sedangkan variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel
sikap dan keyakinan dengan koefisien sebesar 0,965 dan nilai thitung sebesar 4,064.
No other version available