Electronic Resource
Analisis bauran pemasaran guna mengetahui posisi perubahan dengan menggunakan matriks space dan swot (study kasus pada Bank Muamalat cabang Semarang)
Umat Islam di Indonesia merupakan mayoritas terbesar di dunia. Walau
Islam menjadi mayoritas, namun jumlah umat Islam Indonesia yang menabung
pada bank Syariah masih sangat kecil bila di bandingkan dengan jumlah
keseluruhan umat Islam di Indonesia. Untuk meningkatkan jumlah dari nasabah
tentunya membutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien, Salah satu
bentuk strategi pemasaran yang mampu mendukung dalam memasarkan
perbankan syariah di Indonesia adalah penggunaan marketing mix (bauran
pemasaran) ,sedangkan untuk mengetahui posisi perusahaan dalam menentukan
strategi dapat menggunakan analisis matriks SPACE dan SWOT.
Matriks SPACE digunakan untuk memetakan kondisi perusahaan dengan
menggunakan sebuah diagram Cartesius yang terdiri atas empat kuadran.
sedangkan matriks SWOT digunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis
perusahaan serta menggambarkan secara jelas bagaimana peluang dan ancaman
eksternal yang dihadapi perusahaan sehingga dapat disesuaikan dengan kekuatan
dan kelemahan.
Dengan melihat analisis matriks SPACE yang memetakan posisi bank
muamalat cabang Semarang maka diperoleh skor (1,572 : 1,527), yang dimana
bank muamalat cabang Semarang terletak pada kuadran yang dikategorikan
tumbuh dan Dengan melihat analisis matriks SWOT yang memetakan posisi bank
muamalat cabang Semarang pada skor (3,236 : 3,037 ) tampak bahwa strategi
Bank Muamalat Cabang Semarang terletak pada kuadran I yang dikategorikan
pertumbuhan.
No other version available