Electronic Resource
Analisis penguraian masalah perkembangan pangsa pasar perbankan syariah di indonesia
Penelitian ini menganalisis tentang masih kecilnya perkembangan pangsa pasar
bank syariah di Indonesia menggunakan metodologi Analytic Network Process,
melalui tiga tahapan. Pertama adalah melakukan dekomposisi atau identifikasi
masalah untuk membentuk jaringan ANP. Kedua, menyusun kuesioner
perbandingan menggunakan skala numerik. Ketiga, melakukan sintesis untuk
menemukan solusi serta kebijakan tentang masalah terkait.
Hasil penelitian menunjukan ada dua penyebab masalah perkembangan pangsa
pasar bank syariah, aspek internal dan aspek eksternal bank syariah. Dari sisi
internal bank syariah masalah prioritas yakni, dimana minimnya kuantitas dan
kualitas SDI perbankan syariah, diikuti sebagai masalah kedua, yakni minimnya
perolehan DPK yang dihimpun bank syariah. Dari sisi eksternal bank syariah
masalah prioritas yakni, dimana minimnya edukasi, diikuti masalah kedua, yakni
minimnya pemain (bank Syariah) dalam industri perbankan Syariah. Solusi yang
harus dilakukan untuk menjawab masalah di atas adalah yakni dimana
standarisasi kompetensi SDI menjadi prioritas utama untuk masalah
perkembangan pangsa pasar bank syariah. solusi kedua, yakni dukungan
regulator yang maksimal untuk akselarasi bisnis bank syariah. Ketiga, sosialisasi
dan edukasi masyarakat. Keempat, pengembangan produk dan kelima,
meningkatkan kerjasama lembaga pendanaan keuangan internasional.
No other version available