Electronic Resource
Pengaruh faktor manusia, proses dan teknologi customer relationship management system terhadap efisiensi biaya manajemen: studi kasus CV Rabbani Asysa
Begitu ketatnya persaingan usaha, sehingga perusahaan harus memiliki
kepandaian dalam mengelola biaya yang akan dikeluarkan untuk menjalankan
aktivitasnya. Rabbani menggunakan strategi customer relationship management
(CRM) untuk menghadapi masalah tersebut. Untuk itu, tujuan penelitian untuk
menjawab permasalahan yang terjadi dan mengetahui tanggapan user terhadap CRM
serta apakah strategi (CRM) yang dipakai Rabbani berpengaruh terhadap biaya.
Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dan regresi linear berganda
dengan pengolahan data menggunakan software SPSS 17.0 for Windows. Data yang
digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden
(user) Rabbani pada divisi informasi teknologi, divisi pemasaran serta manajer dan
kuesioner yang terkumpul sebanyak 31 dari 52 kuesioner yang disebar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapat para user terhadap CRM yang
digunakan adalah setuju dengan kata lain baik ditinjau dari aspek manusia (user),
proses dan teknologi. Namun, jika dilihat dari uji parsial semua variabel bebas tidak
berpengaruh signifikan, sedangkan jika dilihat dari uji simultan semua variabel
berpengaruh secara signifikan. Dalam model ini mendapatkan nilai R-square sebesar
38.1% yang menunjukan bahwa keragaman yang mampu dijelaskan oleh CRM dalam
model ini sebesar 38.1% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain diluar model.
Dengan hal ini menunjukan bahwa CRM merupakan bagian dari beberapa strategi
perusahaan dalam mengurangi biaya perusahaan, sehingga masih terdapat faktor lain
yang dapat mempengaruhi efisiensi biaya perusahaan.
No other version available