Electronic Resource
Analisis karakteristik konsumen terhadap tingkat pengetahuan dan kepercayaan label halal di restoran cepat saji: (studi kasus pada masyarakat Kedung Halang Bogor)
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengetahui
karakteristik konsumen dalam pengetahuan dan kepercayaan terhadap label halal
dan haram. Penentuan jumlah responden sebanyak 100 responden menggunakan
metode Slovin yang kemudian menggunakan metode deskriptif dan pengujian
melakukan uji chi square untuk mengetahui hubungan antar variabel.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan tingkat pengetahuan dan kepedulian
responden mengenai halal dan haram sebanyak 93 persen sedangkan perlunya
pengawasan terhadap label halal memiliki persentase 98 persen.
Tingkat kepercayaan responden terhadap label halal di restoran cepat saji
sebanyak 86 persen yang berarti sebanyak 89 persen mempercayai klaim halal
yang diberikan oleh restoran cepat saji sedangkan sebanyak 89 persen tidak jadi
membeli karena tidak adanya label halal pada restoran cepat saji.
Kemudian dalam kriteria restoran cepat saji responden memilih rasa yang
enak menjadi prioritas utama sedangkan label halal menjadi prioritas yang kedua.
Berdasarkan uji chi square terdapat hubungan yang signifikan antara
karakteristik konsumen dengan tingkat pengetahuan label halal di restoran cepat
saji yang dibuktikan dimana agama dan pendapatan mempunyai nilai approx.sig
(0,000) < 10%. Dan terhadap tingkat kepercayaan mempunyai hubungan yang
signifikan antara karakteristik agama, pekerjaan, dan pengeluaran di mana
masing-masing memiliki nilai approx.sig (0,000) < α 10 %
No other version available