Electronic Resource
Pengaruh internet financial reporting (IFR) terhadap penilaian pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic index (JII)
Perkembangan teknologi informasi yang luas berdampak ke berbagai
bidang, salah satunya dunia bisnis. Penerapan dalam bisnis salah satunya dalam
pengungkapan informasi yang tidak lagi menggunakan sistem tradisional. Sistem
ini merupakan sistem modern yang lebih efisien, efektif, dan mempunyai jaringan
yang lebih luas. Sistem tersebut dinamakan Internet Financial Reporting (IFR),
dimana seluruh informasi disajikan dalam website setiap perusahaan yang
mengungkapkan informasi tersebut. Dengan penginformasian yang lebih efisien,
efektif dan meluas tersebut diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pengguna
informasi salah satunya investor. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh
mana perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) memanfaatkan
media website untuk mengungkapkan informasi dan pengaruh pemanfaatannya
tersebut terhadap penilaian pasar. Pemanfaatannya dilihat dari segi isi (content),
ketepatanwaktu (timeliness), teknologi (technology) dan dukungan pengguna
(user support). Sedangkan penilaian pasar diukur dengan menggunakan Market
Value of Equity (MVE). Pemakaian MVE karena dapat diyakini memberikan
gambaran penilaian pasar suatu perusahaan.
Metode statistik yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi berganda.
Sampel penelitian adalah perusahaan yang pernah tercatat di Jakarta Islamic
Index (JII) periode 2009-2010.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat diambil kesimpulan bahwa
dari keempat variabel independen, hanya satu variabel yang berpengaruh yaitu isi
(content). Dengan demikian, sejauh ini investor dalam melihat website perusahaan
lebih memperhatikan content sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan
keputusan
No other version available