Electronic Resource
analisis brand equity produk herbal sari kurma Al-Jazira terhadap image konsumen (studi kasus pada masyarakat kota Bogor)
Sebagai pelopor produk herbal sari kurma, Al-Jazira kini semakin tertantang
dengan hadirnya para pesaing baru. Banyak strategi yang dilakukan oleh Al-Jazira
termasuk intensif melakukan promosi dan pengembangan produk. Tujuan penelitian
ini adalah: (1) Mengetahui sejauh mana konsumen mengenal produk herbal Sari
Kurma Al-Jazira di Kota Bogor, (2) Mengukur seberapa besar efek yang
ditimbulkan oleh brand equity produk herbal Sari Kurma Al-jazira terhadap
pembentukan image konsumen dengan menggunakan EPIC Model (empathy,
persuasion, impact, communication) (3) Mengukur seberapa besar efek yang
ditimbulkan oleh brand equity produk herbal Sari Kurma Al-jazira terhadap
pembentukan image konsumen yang diukur dengan Direct Rating Method
(perhatian, pemahaman, variabel kognitif, reaksi afektif, reaksi konasi) (4)
Mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh perusahaan dalam
memperkenalkan merek dan membangun brand equity produk herbal Sari Kurma
Al-jazira. (5) Mengetahui tinjauan syariah produk Sari Kurma Al-Jazira dilihat dari
sisi brand equity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk herbal Sari Kurma
Al-Jazira termasuk kategori merek yang kuat dan paling menonjol diantara produk
sejenis lainnya. Kemudian merek Al-Jazira pun sudah dikenal oleh masyarakat luas,
walaupun dengan bantuan (brand recognition), artinya Al-Jazira sudah memiliki
mind share yang sangat besar untuk bisa menghadapi persaingan di pasar produk
herbal Sari Kurma nasional. Adapun hasil pengukuran brand equity dengan EPIC
Model menunjukan bahwa produk herbal Sari Kurma Al-Jazira termasuk merek
yang kuat (rate 3,67). Sedangkan pengukuran dengan Direct Rating Method (DRM)
menunjukan bahwa merek produk herbal Sari Kurma Al-Jazira termasuk kategori
yang baik (direct rating 71,04), Hal ini menunjukan bahwa dampak brand equity
tersebut sangat baik. Adapun tinjauan syariah dilihat dari brand equity secara
keseluruhan, bahwa brand equity sari kurma Al-Jazira tergolong baik, produk Sari
Kurma Al-Jazira dapat memberikan kepuasan dan manfaat sesuai dengan harapan
konsumen (57% responden setuju dan 9% sangat setuju).
No other version available