Electronic Resource
Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah (Survey Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Bogor)
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh kualitas pelayanan dengan
subvariabel kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, bukti fisik dan kepuasan
nasabah dengan subvariabel product, service, dan purchase terhadap loyalitas
nasabah. Fokus penelitian ini adalah nasabah tabungan PT. Bank Syariah Mandiri
Cabang Bogor, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah analisa regresi berganda dengan
menggunakan SPSS 17.00 untuk melihat besarnya pengaruh variabel yang
terkait, yaitu variabel kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas
nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar 18,7%, subvariabel berpengaruh
adalah jaminan ini dimungkinkan nasabah akan menjadi loyal saat bank mampu
memberikan jaminan terhadap harta nasabah yang disimpan di bank, dan
kepuasan nasabah juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah sebesar
27,2% subvariabel yang berpengaruh adalah purchase, ini dimungkinkan saat
melakukan transaksi merupakan penentu pertama puas atau tidaknya nasabah
terhadap produk atau jasa yang dikonsumsi
No other version available