Electronic Resource
Analisis kepuasan nasabah terhadap kualitas produk jasa tabungan
BTN Syariah merupakan Strategic Bussines Unit (SBU) atau Unit
Usaha syariah PT. Bank Tabungan Negara (persero) yang beroperasi secara
penuh berdasarkan prinsip-pripsip syariah.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui tinggi indek
kepuasan nasabah terhadap produk jasa tabungan pada Bank BTN Cabang
Syariah Bogor. (2) Untuk mengetahui Atribut apakah yang paling tinggi indeks
kepuasan nasabah pada Bank BTN Cabang Syariah Bogor. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer
diperoleh dari wawancara dan hasil penyebaran kuesioner kepada nasabah
Bank BTN Cabang Syariah Bogor. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka,
internet, literature dan dokumen perusahaan. Metode analisis yang digunakan
adalah IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer
Satisfaction Index)
Hasil IPA menunjukan bahwa atribut yang dianggap nasabah memiliki
tingkat kepentingan tertinggi adalah keamanan dalam bertransaksi dengan skor
rataan 4,64 dan atribut tingkat kepentingan paling rendah berdasarkan penilaian
responden adalah jumlah bagi hasil yang diterima dengan skor rataan 3,16.
Sedangkan atribut tingkat kinerja paling tinggi berdasarkan penilaian
responden adalah keamanan dalam bertransaksi dengan skor rataan 4.06 dan
atribut tingkat kinerja paling rendah berdasarkan penilaian responden adalah
jaringan yang luas dengan skor rataan 3,32.
Hasil dari CSI menunjukan bahwa nasabah Bank BTN Cabang Syariah
Bogor merasa puas dengan atribut-atribut kualitas produk jasa tabungan yang
diberikan dengan indeks kepuasan sebesar 76%. Angkat ini didapatkan dari
hasil perhitungan CSI.
No other version available