Electronic Resource
Analisis pengaruh corporate social responsibility terhadap profitabilitas perbankan syariah
Corporate Social Responsibility dapat diartikan sebagai suatu konsep bank
syariah dalam menjalankan jasa social. Perbankan syariah juga harus memainkan
peran dalam pengembangan sumber daya insani dan menyumbang dana bagi
pemeliharaan serta pengembangan lingkungan hidup. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan dana CSR, ukuran perusahaan dan resiko
keuangan terhadap Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) pada
perbankan syariah periode 2003-2009 dengan analisa regresi berganda
menggunakan konsep panel data.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada tingkat signifikansi sebesar 5%:
(1) Penerapan CSR berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap ROA,
tetapi tidak berpengaruh secara bersama-sama (Uji F) dimana (Prob = 0.056731),
sedangkan secara parsial hanya variable SIZE yang berpengaruh. (2) Penerapan
CSR dan LEV berpengaruh negatif signifikan secara parsial terhadap ROE,
sedangkan variabel SIZE berpengaruh positif dan berpengaruh secara bersamasama dimana (Prob = 0.000071). Sebagai masukan perusahaan sebaiknya
melakukan penerapan CSR yang berkelanjutan dengan program yang tepat.
No other version available