Electronic Resource
Faktor-faktor yang berhubungan dengan kompetensi wirausaha aktivis dakwah kampus di Bogor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian Islam ADK (Aktivis Dakwah
Kampus) dan pengaruhnya terhadap kompetensi wirausaha, serta factor-faktor yang
mendukung pengaruh tersebut, meliputi : Karakteristik dan persepsi ADK tentang
pelaksanaan pembelajaran di LDK (Lembaga Dakwah Kampus). Kompetensi
wirausaha dalam penelitian ini merupakan kemampuan: (1) merumuskan visi, tujuan,
dan merencanakan usaha; (2) menghargai dan merencanakan penggunaan waktu; (3)
berkomunikasi dan bekerja dalam tim; (4) mengambil keputusan dan memecahkan
masalah; (5) bertanggung jawab dan mengambil resiko usaha; (6) bertindak atas dasar
kebutuhan berprestasi; (7) bertindak kreatif, innovative, dan membaca peluang usaha;
(8) berfikir positif dan optimis dengan penuh kesadaran ketuhanan; dan (9)
membangun kepercayaan diri, daya pikir dan keterampilan. Hasil penelitian
menunjukkan sebagian besar responden, yakni sebanyak 68,49% memiliki
kepribadian Islam baik, dan 31,51% memiliki kepribadian Islam baik. Dari sembilan
analisis jalur peubah langsung dan tidak langsung, terbukti bahwa faktor pendidikan
formal berpengaruh nyata dalam pembentukan kompetensi wirausaha ADK dengan
signifikansi 2,97 dan koefisien 0,40. Sedangkan factor lain tidak ada yang
mempengaruhi pembentukan kompetensi wirausaha ADK, baik secara langsung
maupun tidak langsung.
No other version available