Electronic Resource
Strategi perencanaan balanced scorecard alternatif pengukuran kinerja pada takmin working group
Takaful Mikro Indonesia (TAKMIN) merupakan satu-satunya lembaga
asuransi mikro syari’ah di Indonesia yang keberadaannya banyak membantu
masyarakat golongan menengah ke bawah dalam hal pembiayaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator pengukuran
kinerja yang selama ini digunakan oleh Takmin Working Group, mengetahui peta
strategi yang sesuai dengan keadaan Takmin, memperoleh rancangan sistem
pengukuran kinerja yang sesuai dengan konsep Balanced Scorecard pada
Takmin, serta menganalisis kinerja Takmin tahun 2008 berdasarkan pendekatan
Balanced Scorecard. Jenis data yang digunakan untuk penelitian ini adalah data
primer dan sekunder baik berupa kualitatif maupun kuantitatif. Metode
pengolahan dan alat analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT
(Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats), BSC (Balanced Scorecard),
AHP (Analytical Hierarcy Process).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan indikator pengukuran kinerja yang
dilakukan oleh Takmin adalah sasaran strategi dari perspektif keuangan dengan
peningkatan premi, perspektif pelanggan dengan meningkatkan kepercayaan dan
kepuasan nasabah serta quality relationship dengan nasabah, perspektif proses
bisnis internal dengan peningkatan pengembangan usaha, dan untuk perspektif
pertumbuhan dan pembelajaran adalah dengan peningkatan kualitas dan
kapabilitas karyawan serta peningkatan komitmen karyawan.
Hasil penelitian dengan menggunakan AHP, didapatkan bahwa perspektif
pelanggan yang menjadi prioritas utama dengan bobot 0,399. Kinerja TAKMIN
dinilai secara keseluruhan mencapai hasil 89,6 persen, kondisi ini menunjukkan
TAKMIN cukup optimal dan mencapai target yang ditentukan
No other version available