Electronic Resource
Analisis kinerja dengan perspektif balanced scorecard
KBMT Wihdatul Ummah adalah lembaga keuangan mikro yang
ada di Bogor dan sudah berdiri kurang lebih 15 tahun. Persaingan yang
dihadapi dunia BMT terus meningkat, dan KBMT Wihadatui Ummah
Bogor merupakan salah satu yang masih bertahan dan terus mengalami
peningkatan kinerja setiap tahunnya Untuk itu, perlu dianalisis kinerja
yang komprehensif tidak hanya berfokus pada aspek keuangan saja tetapi
juga memperhatikan aspek lainnya seperti konsumen, proses bisnis
internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Hal ini terdapat dalam
konsep balance scorecard. Tujuan penelitian ini adalah melakukan
analisis kinerja KBMT Wihdatul Ummah Bogor dengan menggunakan
indikator-indikator dalam metode balance scorecard. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data
primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada nasabah KBMT
Wihdatul Ummah Bogor. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka,
internet, literature dan dokumen perusahaan. Metode analisis yang
digunakan adalah IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI
(Customer Satisfaction Index) . Hasil IPA menunjukan bahwa atribut yang
dianggap pelanggan memiliki tingkat kepentingan tertinggi adalah atribut
keamanan lokasi parkir dengan skor rataan 4,32 dan atribut tingkat
kepentingan paling rendah berdasarkan penilaian responden adalah
karyawan memperhatikan keluhan konsumen dengan skor rataan 3,80.
Sedangkan atribut tingkat kinerja paling tinggi berdasarkan penilaian
responden adalah ruangan bersih dan teratur dengan skor rataan 3,96 dan
atribut tingkat kinerja paling rendah berdasarkan penilaian responden
adalah kesediaan karyawan terhadap penukaran barang dengan skor
rataan 3,91.
Konsumen merasa puas akan atribut-atribut mutu pelayanan yang
diberikan dengan indeks kepuasan sebesar 71,10%. Angkat ini didapatkan
dari hasil perhitungan CSI.
No other version available