Electronic Resource
ANALISA PENGARUH PENCANTUMAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KOTA BOGOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencatuman harga suatu
produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen kota Bogor. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 100 orang, diambil menggunakan
metode Solvin dengan populasi penduduk kota Bogor tahun 2009.
Dari 15 pertanyaan kuesioner yang diajukan hanya 10 pertanyaan saja
yang dinyaakan valid dan reliabel untuk digunakan. Dari 10 pertanyaan tersebut
yang diuji menggunakan Chi Square Independent Test hanya 5 pertanyaan saja,
karena dianggap paling mendekati dengan pengaruh pencatuman harga terhadap
keputusan pembelian.
Berdasarkan hasil uji terhadap 5 pertanyaan tersebut, 4 diantaranya
dinyatakan tidak ada hubungan, sedangkan satu diantaranya dinyatakan ada
hubungan karena mempunyai nilai Pearson Chi Square 0.086 yang lebih kecil dari
nilai α (alpha) 10% atau 0,1. Maka diketahui adanya hubungan antara
pertimbangan harga dengan pemilihan tempat berbelanja konsumen. Namun tidak
menunjukkan adanya pengaruh pencantuman harga terhadap keputusan
pembelian.
No other version available