Electronic Resource
Analisis persepsi nasabah terhadap perbankan syariah
januari 2009 oleh statistik perbankan syariah tercatat ada 5 bank umum syariah, 243 unit
usaha syariah. Meskipun pertumbuhannya tergolong pesat, data menunjukkan bahwa
pangsa pasar bank syariah terhadap total aset perbankan nasional masih rendah dengan
terbukti pada November 2008 tercatat 2.05% dari total aset perbankan nasional. Hal ini
menandakan bahwa pemahaman masyarakat akan perbankan syariah masih perlu
ditingkatkan. Selain itu, faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih
jenis dan tingkat kinerja perbankan perlu ditingkatkan. Dengan pendekatan menggunakan
statistik deskriptif, uji chi square dan importence performance analisis, penelitian ini
dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang
memilih menggunakan jasa perbankan syariah dan bagaimana penilaian terhadap kinerja
perbankan syariah. Hasil analisis menyatakan bahwa variabel tersebut antara lain jenis
kelamin, tingkat usia, agama, tingkat pendidikan responden, persepsi nasabah pernah
mendengar tentang bank syariah beroperasi dengan sistem bagi hasil, persepsi terhadap
iklan dan pengetahuan tentang fatwa. Dan pada penilaian nasabah terhadap kinerja
perbankan syariah diperoleh hasil bahwa perbankan syariah harus lebih meningkatkan
pada faktor pelayanan dan fasilitas. Hal ini tentunya bisa dijadikan pertimbangan bank
syariah untuk meningkatkan pangsa pasar dan kinerja di perbankan syariah.
No other version available