Electronic Resource
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan sosial dalam laporan tahunan bank konvensional dan bank syariah di Indonesia
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa faktor yang
berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial bank-bank di
Indonesia yang meliputi bank konvensional dan bank syariah periode 2004-2007.
Sebanyak 17 bank telah dianalisis sebagai sampel bank konvensional dan 3 bank
sebagai sampel bank syariah. Penelitian ini mengamati dua kategori dari tiga
kategori pengungkapan social perusahaan yang didasarkan pada Global Reporting
Initiative versi 3.0. Kategori tersebut mencakup kinerja ekonomi dan kinerja
sosial. Penelitian ini mengidentifikasi empat faktor yang berpengaruh terhadap
pengungkapan social bank, yaitu ukuran perusahaan, rasio likuiditas, rasio
leverage, dan net profit margin.
Hasil pengujian berdasarkan tes individu menunjukkan bahwa hanya
ukuran perusahaan yang berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial
bank konvensional. Sementara itu, hasil pengujian individu pada bank syariah
menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, likuiditas, dan leverage berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan sosial. Uji simultan (F-Statistik) antara bank
konvensional dan bank syariah menunjukkan bahwa ukuran perusahaan,
likuiditas, leverage, dan net profit margin berpengaruh signifikan terhadap
pengungkapan sosial bank.
No other version available