Electronic Resource
Peran Informasi Akuntansi Dalam Meningkatkan Pertumbuhan Kinerja Usah Mikro, Kecil, Dan Menengah (Studi Kasus Penjual Merchandise K-pop)
Tujuan: Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Peran Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Pertumbuhan Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Studi Kasus Penjual Merchandise K-pop Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif komparatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara melalui googleform yang diberikan kepada reseponden penelitian yaitu 4 UMKM merchandise K-pop. Teknik analisis yang dilakukan dengan pendekaran tematik untuk menentukan tema pada pembahasan dan naratif yang menguraikan sumber informasi yang terbentuk pada proses wawancara. Hasil/temuan: Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pengetahuan responden yang terlibat dalam UMKM Merchandise K-Pop berkisar sekitar 25%, menunjukkan pemahaman yang baik terhadap laporan keuangan. Responden yang tergolong dalam kategori ini adalah Responden 1. Sementara itu, sekitar 75% sisanya, yang mencakup Responden 2, 3, dan 4, tidak memiliki pemahaman yang memadai terkait laporan keuangan. Seluruh responden, yaitu sebanyak 100%, telah melaksanakan pencatatan laporan keuangan pada perusahaan mereka masing-masing, walaupun dengan beragam format yang disesuaikan dengan kebutuhan individu UMKM. Sebanyak 50% dari responden mengalami pertumbuhan yang signifikan ketika menerapkan prinsipprinsip laporan keuangan dengan benar dan efektif, khususnya Responden 3 dan 4. Sementara itu, 50% lainnya telah menerapkan laporan keuangan sejak awal berdirinya bisnis mereka, memungkinkan mereka untuk mengukur kinerja bisnis sejak tahap awal dan tidak mengalami perubahan yang signifikan dalam proses tersebut. Kata Kunci: UMKM, Merchandise K-pop, Pengetahuan, Penerapan Laporan keuangan, Pertumbuhan
No other version available