Electronic Resource
Kreativitas Guru Ips Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19 2020-2021 Di SMPN 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor
Tujuan : Tujuan Dari Penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana
Kreativitas guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada masa
pandemic covid-19 di SMPN 1 Babakan Madang? Faktor-faktor Pendukung dan
Penghambat apa saja yang mempengaruhi kreativitas Guru IPS dalam
meningkatkan hasil belajar siswa di SMPN 1 Babakan Madang ketika selama
pandemic covid-19 di tahun 2020-2021.
Metode : Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif kualitatif .Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Babakan
Madang .Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara
observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis reduksi, penyajian data dan
penarikan kesimpulan.
Hasil/Temuan : Kreativitas guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Babakan Madang adalah Membuat
video animasi ,game pembelajaran,membentuk kelompok belajar dengan teman
sebaya atau dekat rumahnya,bagi siswa yg tidak memiliki gadget kita
melaksanakan home visit, evaluasi secara online. Adapun Faktor-faktor yang
mempenggaruhi kreativitas Guru IPS dalam meningkatkan hasil belajar siswa
diSMPN 1 Babakan Madang adalah Kurangnya Kuota dan lemahnya jaringan
(sinyal) selama pembelajaran online Kemampuan yang kurang dalam
menggunakan aplikasi belajar online Keinginan untuk belajar aplikasi
pembelajaran online masih rendah Kurang menguasai penggunaan perangkat
vii
digital kebosanan dan kecenderungan tidak fokus selama pembelajaran online
kemandirian siswa yang belajar di rumah itu sangat menurun dan dikarenakan
tidak berjumpa dengan teman sebayanya, siswa kurang dalam bersosialisasi
sehingga menimbulkan egois bahasa yang tidak santun penampilan fisik yang
semaunya dalam hal ini seperti berpakaian dan kemudian rambut yang tidak rapi
nah inilah faktor yang dialami selama pembelajaran pandemi covid di SMPN 1
Babakan Madang. Pengaruh Kreativitas guru IPS dalam meningkatkan hasil
belajar siswa pada masa pandemi covid-19 di SMPN 1 Babakan Madang adalah
terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari rata-rata nilai sebelum
penerapkan Kreativias guru rendahnya nilai yang diperoleh siswa yang mana
sebelumnya adalah 77.89474 setelah menerapkan kreativitas guru meningkat
menjadi 82.94872.
No other version available