Electronic Resource
Peran Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Al- Hidayah)
Tujuan: Penelitian ini bertujuan Agar peserta didik paham dan sadar akan
perannya dalam menjaga lingkungan sekolah, mengetahui penerapan apa yang
digunakan oleh sekolah dalam menjaga lingkungan, agar mengetahui bagaimana
cara peserta didik bertanggung jawab dalam menjaga lingkungan sekolah
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang
pengumpulan datanya menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi,
kemudian di analisis menggunakan analisis model Miles dan Huberman
Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa cara MTs Al
Hidayah
meningkatkan kesadaran lingkungan yakni dengan memasukkan visi/ misi, tata
tertib, sarana/ prasarana dan program kerja yang mengatur tentang kewajiban
menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan kelas, selanjutnya sekolah
memberikan arahan yang tepat sesuai dengan peraturan sekolah dalam menjaga
lingkungan sekolah dan kelas. Peserta didik menjaga lingkungan sekolah dengan
cara yakni, mengerjakan piket, menegur temannya yang membuang sampah
sembarangan, tidak membuang sampah sembarangan dan tidak mencoret-coret
meja. Jika peserta didik melanggar maka akan dikenakan sanksi atau hukuman
yang berkenaan dengan kebersihan sekolah yaitu memungut sampah yang
berserakan dan memindahkan isi tempat sampah yang sudah penuh ke gerobak
sampah yang berada di halaman sekolah.
No other version available