Electronic Resource
Rencana Bisnis Hijrah Express Laundry Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Usaha Laundry merupakan sebuah bisnis yang berkaitan dengan pelayanan
jasa pencucian pakaian dengan mesin cuci maupun mesin pengering otomatis dan
cairan pembersih serta pewangi khusus. Bisnis ini menjamur di kota-kota besar
yang banyak terdapat rumah kost dan rumah kontrakan, dimana penyewa kost atau
kontrakan tidak sempat atau tidak bisa melakukan cuci dan setrika baju sendiri
dikarenakan kesibukannya sebagai mahasiswa maupun sebagai pekerja. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui customer segment dan value propositions
yang menjadi kebutuhan konsumen terhadap sebuah layanan Laundry. Metode
penelitian yang digunakan adalah dengan metode action research dimana
pengumpulan data menggunakan dua teknik yaitu wawancara dan observasi. Hasil
yang diperoleh menunjukkan bahwa perlu adanya tambahan fasilitas dan layananlayanan yang berkaitan dengan bisnis Laundry ini. Layanan Laundry semakin
ditingkatkan dengan memenuhi kebutuhan layanan Laundry masyarakat kota
seperti menyediakan layanan antar jemput, menyediakan reservasi online dan
memastikan kebersihan serta memastikan kerusakan atau kerugian dalam
penggunaan layanan Laundry. Maka dari itu, dibuatlah bisnis model kanvas yang
dapat digunakan untuk menentukan kelayakan yang ditawarkan, terutama dalam
menentukan customer segment dan value propositions. Hasil akhir dari bisnis
model kanvas ini sebagian besar adalah pembaharuan pada customer segment dan
value propositions untuk membuat bisnis tersebut menguntungkan melalui inovasi
terbaru dan lebih modern.
No other version available