Electronic Resource
Rencana pengembangan usaha sembako nisa mart dengan pendekatan bisnis model canvas
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan ”Customer Segment”
dari usaha sembako Nisa Mart, Mengembangkan “Value Propotion” dari usaha
sembako Nisa Mart, dan Mengembangkan “Distribution Channel” dari usaha
sembako Nisa Mart
Metode: Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan riset aksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri
dari wawancara dan observasi. Metode analisis penelitian kualitatif dengan model bisnis
kanvas, awal terhadap target pelaku usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian
rencana model bisnis ini adalah metode action research atau penelitian tindakan.
Hasil/ temuan: Bagian komponen Custumers Segments terdapat perubahan
keriteria custumers segments yaitu Warga desa Loalepu dan sekitarnya seperti desa
Jongkang,Polewali,Teluk dalam. Laki-laki pekerja dewasa usia 21-70, Ibu rumah
tangga, dan Remaja 15-20. Bagian komponen Value Propositions toko sembako
Nisa Mart memiliki value yang ditawarkan berupa, Harga terjangkau,Toserba,
Delivery by wa,massanger facebook untuk warga sekitar tanpa ongkir maksimal
jarak 3km, Tersedia layanan bayar PDAM,token,listrik,pulsa,BPJS,dan transfer,
100 Parsel geratis menjelang Idul fitri. Pada bagian Distribution pada toko sembako
Nisa Mart penjualan dilakukan secara offline namun promosi dan iklan dilakukan
juga di sosial media (Facebook,Whatsapp),melakukan perluasan toko agar
konsumen merasa nyaman pada saat berbelanja,Nisa Mart juga akan menjadi agen
toko sembako agar memudahkan warung sekitar untuk berbelanja produk jualan
mereka tanpa harus jauh jauh ke kota.
No other version available