Electronic Resource
Rencana Bisnis Rumah Qur'an Alfatih dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Rumah Qur’an merupakan rumah bagi mereka yang ingin belajar Al
Qur’an,baik dalam memperbagus bacaan Al Qur’an atau juga memperindah bacaan
Al Qur’an. Rumah Qur’an sangat berperan aktif dalam membangun generasi umat
yang lebih dekat dengan Al Qur’an. Dari niat pendirian Rumah Qur’an ini yang
nantinya akan berdampak positif terhadap perkembangan anak maupun orang tua
yang ingin tetap belajar Al Qur’an. Maka dari itu Rumah Qur’an ini didirikan untuk
menjadi tempat penghubung bagi mereka agar dapat bermanfaat di lingkungan
sekitar. Tujuan penelitian ini ditujukan untuk menganalisis rencana bisnis dengan
metode atau analisa bisnis model kanvas dengan tujuan yang diinginkan yaitu untuk
mendapatkan hasil yang sesuai pada point Customer Segments dan Value
Propositions dari rencana bisnis yang ingin didirikan. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu dengan metode action research. hal ini dilakukan agar
penulis bisa melihat potensi pasar di wilayah yang ingin dibangun bisnis tersebut
terutama melakukan pendekatan kepada Customer Segments dengan Value
Propositions dengan pendekatan bisnis model kanvas. metode yang dijalankan
dalam penelitian ini dengan melibatkan 30 responden.Hasil yang didapat dari
penulis yaitu melalui hasil wawancara. Customer segment dari segmen bisnis
Rumah Qur’an Alfatih ialah Orang tua SD, pelajar SMA, mahasiswa, masyarakat
umum dan guru tahfidz. Value Propositions dari Rumah Qur’an Alfatih adalah
dengan menambahkan value baru atau program baru yaitu program tahfidz untuk
anak-anak. Hasil ini didapat setelah uji solusi yang penulis lakukan. Hasil analisa
bisnis ini juga menunjukkan bahwa bisnis ini kedepannya bisa dilanjutkan.
No other version available