0,05 dan nilai koefisien regresi variabel disiplin belajar sebesar 0,391 bertanda positif serta nilai t-hitung 4,442 > t-tabel 1,993. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukaraja. Ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai signifikansinya 0,000 > 0,05 dan nilai koefisien regresi variabel fasilitas belajar sebesar 0,499 bertanda positif serta nilai t-hitung 5,661 > t-tabel 1,993. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sukaraja. Ini terbukti dari nilai t-hitung 63,256 > vii t-tabel 3,12. Dilihat dari uji koefisien determinasi pada nilai R Adjusted Square yaitu sebesar 0,624 atau 62,4%. Artinya sebanyak 62,4% pengaruh dari disiplin belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa sedangkan 37,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini."" />