Electronic Resource
Pengaruh Peranan Guru, Lingkungan Pertemanan, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Sikap Hormat Siswa Kelas VII di MTS Nurul Hady Kadumanggu
Berdasarkan fenomena yang beredar di media sosial dan observasi yang
dilakukan oleh peneliti di MTsS Nurul Hady Kadumanggu, peneliti menemukan bahwa
masih banyak siswa yang kurang menghargai orang lain terutama kepada guru. Dalam
proses kegiatan belajar mengajar, siswa seringkali menunjukkan sikap tidak sopan
kepada guru seperti berbicara di luar topik pelajaran, keluar kelas tanpa izin guru, dan
tidak mematuhi guru. Fenomena ini harus diatasi, karena hal tersebut merupakan
perbuatan yang melanggar nilai kesopanan. Jenis penelitian yang digunakan oleh
peneliti adalah jenis penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif dengan
menggunakan model penelitian analisis regresi linier berganda. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsS Nurul Hady Kadumanggu yang
berjumlah 49 orang. Adapun yang akan menjadi sampel pada penelitian ini adalah
siswa kelas VIIA dan VIIB. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling
jenuh yang terdapat pada non-probability sampling. Sampling jenuh pengambilan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua anggota populasi yang
berjumlah 49 siswa.
Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan
SPSS versi 25 menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara
variabel peranan guru terhadap sikap hormat siswa kelas VII di MTsS Nurul Hady
Kadumanggu karena dengan nilai thitung 5.326 > ttabel 2.014 dan nilai signifikansi nya
0.000 < 0.05. Pada variabel lingkungan pertemanan tidak terdapat pengaruh jika
diambil dari dasar pengambilan keputusan uji t berdasarkan dari nilai hitung dan tabel,
dimana dalam pengambilan keputusan tersebut nilai thitung harus lebih besar dari ttabel
sedangkan dalam variabel ini nilainya adalah thitung -2.336 < ttabel 2.014, akan tetapi
vii
pada nilai signifikannya terdapat pengaruh dengan nilai 0.024 < 0.05 artinya, pada
variabel lingkungan pertemanan terdapat pengaruh negatif yang signifikan. Terdapat
pengaruh positif yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap sikap hormat
siswa kelas VII di MTsS Nurul Hady Kadumanggu karena dengan nilai thitung 2.222 >
ttabel 2.014 dan nilai signifikansi nya 0.031 < 0.05.
Kesimpulannya adalah peran guru (X1), lingkungan pertemanan (X2), dan
perhatian orang tua (X3) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh yang signifikan
terhadap sikap hormat (Y) siswa kelas VII di MTsS Nurul Hady Kadumanggu karena
berdasarkan hasil uji f yang diperoleh dari SPSS versi 25 bahwa nilai fhitung sebesar
15.424 dengan nilai signifikansi nya sebesar 0.000, hal tersebut sesuai dengan dasar
pengambilan keputusan uji f simultan berdasarkan nilai hitung dan tabel. Jika nilai
fhitung > ftabel maka artinya variabel independent secara simultan berpengaruh terhadap
variabel dependen.
No other version available