Electronic Resource
Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Model Evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP) Di SMP IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor (BBS)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi konteks, input,
proses, dan produk pada implementasi kurikulum merdeka mata pelajaran IPS di
SMP Bina Bangsa Seahtera Bogor. Berdasarkan, ada beberapa permasalahan dalam
penerapan kurikulum merdeka di SMP IT Bina Bangsa Sejahtera diantaranya:
pemahaman guru dan kompetensi guru tentang kurikulum merdeka yang meliputi
tentang administrasi guru.
Apalagi dalam pembuatan modul yang dulunya pada kurikulum 2013
menggunakan RPP sedangkan pada kurikulum merdeka menggunakan modul,
dimana guru dituntut untuk memahami agar tujuan pembelajaran bisa tercapai.
Referensi yang masih minim serta sekolah yang harus menyesuaikan dengan
kurikulum merdeka ini.Perlunya evaluasi dalam impelementasi kurikulum merdeka
di SMP IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor agar pelaksanaan pembelajaran dan
program kurikulum merdeka dapat terlaksana secara optimal kedepannya.
Evaluasi ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process,
Product) dengan pendekatan kualitatif. Pada bagian konteks sekolah sudah
menggunakan kurikulum merdeka dan meggunakan merdeka berubah. pemahaman
sekolah terkait kurikulum merdeka juga sudah sangat baik. Pada bagian input yaitu
sarana dan prasarana sudah sesuai, modul ajar juga susah digunakan, pengetahuan
tentang P5 juga sudah dipahami. pada bagian proses yaitu penerapan kurikulum
merdeka, pembelajaran IPS dalam penerapan kurikulum merdeka sudah diterapkan
dengan sangat baik, dan adanya kendala dalam proses penerapannya, terakhir
product yaitu pemahaman siswa, dampak dari penerapan, dan harapan terhadap
kebijakan kurikulum merdeka termasuk dalam hasil evaluasi model CIPP.
vii
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka
Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Model Evaluasi CIPP Di SMP IT Bina Bangsa
Sejahtera Bogor yaitu implementasi kurikulum merdeka berdampak positif pada
SMP IT Bina Bangsa Sejahtera karena penerapan kurikulum merdeka membuat
peserta didik diberi kesempatan untuk mengeksplore dirinya dengan megeluarkan
semua kemampuannya, dengan adanya program P5. Walaupun ada beberapa yang
harus ditingkatkan dalam hal adaptasi guru dalam penerapan kurikulum merdeka
dengan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan.
No other version available