Electronic Resource
Pengaruh Kreativitas Guru, Lingkungan Sekolah, dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Babakan Madang
Hasil belajar adalah sebuah kemampuan yang diperoleh siswa setelah
melalui kegiatan belajar. Semua siswa selalu ingin mendapatkan hasil belajar yang
memuaskan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kreativitas
guru, lingkungan sekolah, dan motivasi belajar siswa. Guru yang memiliki
kemampuan kreatif akan bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
selain itu lingkungan sekolah yang nyaman sangat penting dalam mendukung
kegiatan pembelajaran serta memberikan kenyamanan siswa dalam proses belajar,
tak hanya itu faktor ketiga yang menjadi pengaruh hasil belajar adalah motivasi diri
siswa itu sendiri karena dengan motivasilah yang akan menumbuhkan semangat
belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Menganalisis tingkat kreativitas guru
pada pembelajaran IPS di kelas VIII di SMP Negeri 1 Babakan Madang, 2. Menilai
lingkungan sekolah yang mendukung pembelajaran IPS di kelas VIII di SMP
Negeri 1 Babakan Madang, 3. Menilai tingkat motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran IPS di kelas VIII di SMP Negeri 1 Babakan Madang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
deskriptif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier
berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Hasil penelitian menunjukan
bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dan hasil belajar
belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang dengan koefisien
regresi sebesar 0,096, 2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan
sekolah dan hasil belajar belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babakan
Madang dengan koefisien regresi sebesar 0,268, 3. Terdapat pengaruh yang
vii
signifikan antara motivasi belajar siswa dan hasil belajar belajar IPS siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Babakan Madang dengan koefisien regresi sebesar 0,106, 4.
Terdapat pengaruh positif signifikan antara kreativitas guru, lingkungan sekolah,
dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar belajar IPS siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Babakan Madang dengan koefisien determinasi sebesar 0,723 atau sebesar
72,3%.
No other version available