Repository Institution TAZKIA

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Index Card Match (ICM), Metode Buzz Group, Dan Metode Konvensional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sijuk
Bookmark Share

Electronic Resource

Penerapan Metode Index Card Match (ICM), Metode Buzz Group, Dan Metode Konvensional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sijuk

Nihrum, Nur Annisa - Personal Name;

Motivasi merupakan salah satu dari faktor dari dalam individu yang
mempengaruhi keberhasilan belajar. Namun realita di lapangan, banyak ditemukan
peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar dan terindikasi kesulitan
belajar. Maka, diperlukan pendidik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta
didik agar proses pembelajaran menjadi berhasil. Salah satu cara mengembangkan
motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan berbagai model dan
pendekatan. Tujuannya untuk menciptakan respon dari siswa agar bisa memahami
pesan pembelajaran yang disampaikan secara maksimal,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
antara penerapan metode Index Card Match (ICM) dan Buzz Group, penerapan
metode Index Card Match (ICM) dan konvensional, dan penerapan metode Index
Card Match (ICM), Buzz Group dan konvensional serta penerapan metode yang
paling efektif di antara tiga metode yaitu metode Index Card Match (ICM), Buzz
Group dan konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sijuk. Jenis penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dengan desain true eksperimen menggunakan rancangan
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian terdiri atas seluruh
peserta didik kelas VIII yaitu 190 siswa dengan sampel tiga kelas yang dipilih
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat perbedaan
nilai rata-rata antara kelas eksperimen maupun kontrol pada hasil pretest terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan terdapat perbedaan nilai ratarata antar sampel kelas dengan penerapan metode Index Card Match, Buzz Group
dan konvensional pada hasil posttest terhadap motivasi belajar siswa pada mata
vii
pelajaran IPS 2) tidak terdapat perbedaan signifikan antara penerapan metode Index
Card Match dan Buzz Group terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPS 3) terdapat perbedaan signifikan antara penerapan metode Index Card Match
dan konvensional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS 4) tidak
terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPS antara
siswa yang menerapkan metode Buzz Group dan konvensional 5) Penerapan
metode Index Card Match (ICM) dan Buzz Group sama baiknya atau efektifnya
dalam memotivasi peserta didik, penerapan metode Index Card Match (ICM) lebih
baik dalam memotivasi peserta didik dibandingkan dengan metode konvensional,
penerapan metode Buzz Group dan konvensional sama baiknya atau efektifnya
dalam memotivasi peserta didik, sehingga penerapan metode yang paling baik dan
efektif dalam memotivasi siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sijuk
yaitu Index Card Match.


Availability
#
Local Content REF 371.36 NIH p
19108008
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
REF 371.36 NIH p
Publisher
Bogor : IAI Tazkia., 2023
Collation
TADRIS
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
NIM.19108008
Classification
371.36
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Learning Motivation
Learning Method
Index Card Match (ICM) Method
Buzz Group Method
Social Studies Learning
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Nur Annisa Nihrum
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • 1910.8008_Cover-Persetujuan Pembimbing
  • 1910.8008_ Abstrak
  • 1910.8008_Pernyataan Persetujuan Publikasi
  • 1910.8008_Transliterasi dan Kata Pengantar
  • 1910.8008_Daftar Isi-Daftar Lampiran
  • 1910.8008_Pendahuluan
  • 1910.8008_Landasan Teori
  • 1910.8008_Metode Penelitian
  • 1910.8008_Hasil dan Pembahasan
  • 1910.8008_Penutup
  • 1910.8008_Referensi
Comments

You must be logged in to post a comment

Repository Institution TAZKIA
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?