Electronic Resource
Penerapan Metode Index Card Match (ICM), Metode Buzz Group, Dan Metode Konvensional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Sijuk
Motivasi merupakan salah satu dari faktor dari dalam individu yang
mempengaruhi keberhasilan belajar. Namun realita di lapangan, banyak ditemukan
peserta didik yang kurang termotivasi dalam belajar dan terindikasi kesulitan
belajar. Maka, diperlukan pendidik untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta
didik agar proses pembelajaran menjadi berhasil. Salah satu cara mengembangkan
motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan berbagai model dan
pendekatan. Tujuannya untuk menciptakan respon dari siswa agar bisa memahami
pesan pembelajaran yang disampaikan secara maksimal,
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
antara penerapan metode Index Card Match (ICM) dan Buzz Group, penerapan
metode Index Card Match (ICM) dan konvensional, dan penerapan metode Index
Card Match (ICM), Buzz Group dan konvensional serta penerapan metode yang
paling efektif di antara tiga metode yaitu metode Index Card Match (ICM), Buzz
Group dan konvensional terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata
pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sijuk. Jenis penelitian ini menggunakan jenis
penelitian eksperimen dengan desain true eksperimen menggunakan rancangan
Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian terdiri atas seluruh
peserta didik kelas VIII yaitu 190 siswa dengan sampel tiga kelas yang dipilih
dengan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik angket, dokumentasi dan observasi.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat perbedaan
nilai rata-rata antara kelas eksperimen maupun kontrol pada hasil pretest terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dan terdapat perbedaan nilai ratarata antar sampel kelas dengan penerapan metode Index Card Match, Buzz Group
dan konvensional pada hasil posttest terhadap motivasi belajar siswa pada mata
vii
pelajaran IPS 2) tidak terdapat perbedaan signifikan antara penerapan metode Index
Card Match dan Buzz Group terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
IPS 3) terdapat perbedaan signifikan antara penerapan metode Index Card Match
dan konvensional terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS 4) tidak
terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan pada mata pelajaran IPS antara
siswa yang menerapkan metode Buzz Group dan konvensional 5) Penerapan
metode Index Card Match (ICM) dan Buzz Group sama baiknya atau efektifnya
dalam memotivasi peserta didik, penerapan metode Index Card Match (ICM) lebih
baik dalam memotivasi peserta didik dibandingkan dengan metode konvensional,
penerapan metode Buzz Group dan konvensional sama baiknya atau efektifnya
dalam memotivasi peserta didik, sehingga penerapan metode yang paling baik dan
efektif dalam memotivasi siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sijuk
yaitu Index Card Match.
No other version available