Electronic Resource
Evaluasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di SD Negeri 1 Babakan Madang Menggunakan Evaluasi Model CIPP
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program Budaya
5S sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri 1 Babakan
Madang. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process dan
Product) sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif secara deskriptif. Pengumpulan data pada proses evaluasi
yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru wali kelas
2,4 dan peserta didik kelas 2,4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Budaya 5S sebagai
penguatan pendidikan karakter telah mencapai hasil yang cukup baik, dan telah
dilaksanakan oleh warga sekolah. Diantaranya pada tahapan konteks (context)
rata-rata ketercapaian dalam kategori tinggi, pada tahapan masukan (input) dalam
kategori tinggi, pada tahapan proses (process) dalam kategori tinggi dan tahapan
hasil (product) dalam kategori tinggi.
Secara keseluruhan program Budaya 5S sebagai penguatan pendidikan
karakter telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang
perlu ditingkatkan lagi diantaranya, 1) Kepala Sekolah perlu membuat SK tim
pelaksana pendidikan karakter melalui Budaya 5S secara jelas dan rinci, 2)
Pendidik atau guru untuk tetap berkomitmen dan meningkatkan penerapan nilainilai Budaya 5S dalam kegiatan keseharian di sekolah, 3) Peserta didik
menjalankan program pendidikan karakter melalui Budaya 5S yang dilaksanakan
oleh sekolah dengan baik dan berpartisipasi secara aktif, 4) Orang tua bersinergi
dengan pihak sekolah dengan memberikan perhatian secara khusus terhadap anak
vi
dirumah, dengan mendidik dan membina anak-anak melalui pembiasaan perilaku
dan sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
No other version available