Repository Institution TAZKIA

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Evaluasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di SD Negeri 1 Babakan Madang Menggunakan Evaluasi Model CIPP
Bookmark Share

Electronic Resource

Evaluasi Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun) Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Di SD Negeri 1 Babakan Madang Menggunakan Evaluasi Model CIPP

Novitasari - Personal Name;

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan capaian program Budaya
5S sebagai penguatan pendidikan karakter peserta didik di SD Negeri 1 Babakan
Madang. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process dan
Product) sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif secara deskriptif. Pengumpulan data pada proses evaluasi
yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru wali kelas
2,4 dan peserta didik kelas 2,4.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Budaya 5S sebagai
penguatan pendidikan karakter telah mencapai hasil yang cukup baik, dan telah
dilaksanakan oleh warga sekolah. Diantaranya pada tahapan konteks (context)
rata-rata ketercapaian dalam kategori tinggi, pada tahapan masukan (input) dalam
kategori tinggi, pada tahapan proses (process) dalam kategori tinggi dan tahapan
hasil (product) dalam kategori tinggi.
Secara keseluruhan program Budaya 5S sebagai penguatan pendidikan
karakter telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang
perlu ditingkatkan lagi diantaranya, 1) Kepala Sekolah perlu membuat SK tim
pelaksana pendidikan karakter melalui Budaya 5S secara jelas dan rinci, 2)
Pendidik atau guru untuk tetap berkomitmen dan meningkatkan penerapan nilainilai Budaya 5S dalam kegiatan keseharian di sekolah, 3) Peserta didik
menjalankan program pendidikan karakter melalui Budaya 5S yang dilaksanakan
oleh sekolah dengan baik dan berpartisipasi secara aktif, 4) Orang tua bersinergi
dengan pihak sekolah dengan memberikan perhatian secara khusus terhadap anak
vi
dirumah, dengan mendidik dan membina anak-anak melalui pembiasaan perilaku
dan sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari.


Availability
#
Local Content REF 370.114 NOV e
19108018
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
REF 370.114 NOV e
Publisher
Bogor : IAI Tazkia., 2023
Collation
TADRIS
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
NIM.19108018
Classification
370.114
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Program Evaluation
CIPP
5S Culture
Character Education
SDN 1 Babakan Madang
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Novitasari
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • 1910.8018_Cover-Persetujuan Pembimbing
  • 1910.8018_Abstrak
  • 1910.8018_Pernyataan Persetujuan Publikasi
  • 1910.8018_Transliterasi dan Kata Pengantar
  • 1910.8018_Daftar Isi-Daftar Gambar
  • 1910.8018_Pendahuluan
  • 1910.8018_Landasan Teori
  • 1910.8018_Metode Penelitian
  • 1910.8018_Hasil dan Pembahasan
  • 1910.8018_Penutup
  • 1910.8018_Daftar Pustaka
Comments

You must be logged in to post a comment

Repository Institution TAZKIA
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?