Electronic Resource
Analisis Penerpan Metode Pembelajaran Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas VI Abu Thalhah Di SD Tazkia Global Islamic School (TGIS)
Tujuan: Penelitian dilakukan dengan latar belakang permasalahan yang berlaku
pada peserta didik kelas VI Abu Thalhah di SD Tazkia Global Isslamic School
Sentul, Kabupaten Bogor. Keaktifan peserta didik dalam kegiatan belajar yang
rendah dan kurangnya pemberian metode yang pas menyebabkan rendahnya hasil
belajar IPS peserta didik. Dari analisis diatas maka penerapan metode pembelajaran
Problem Based Learning dapat Meningkatkan hasil belajar IPS kelas VI Abu
Thalhah SD Tazkia Global Islamic School (TGIS).
Metode: Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Classroom Action
Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan hasil data
penelitian didapatkan melalui tes pada akhir siklus, observasi dan dokumentasi.
Sumber data didapatkan dari Pendidik dikelas VI Abu Thalhah SD Tazkia Global
Islamic School (TGIS).
Hasil/Temuan: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
pada hasil belajar peserta didik yang mana sebelum metode ini diterapkan nilai rata
pserta didik hanya mencapai 50, dan di siklus I nilai rata-rata peserta didik mencapai
75,00 dengan skala ketuntasan 66,22%. dan pada siklus ke II terjadi peningkatan
yang lumayan signifikan jika diibandingkan siklus I dimana nilai rata-rata peserta
didik ialah 83,88% dengan skala ketuntasan mencapai 94,44%. Maka dari itu
peneliti menyimpulkan bahwa siklus ke III tidak perlu dilaksanakan.Berdasarkan
dari hasil yang telah dipaparkan diatas maka peneliti menyimpulkan bahwa metode
pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik kelas VI di SD Tazkia Global Islamic School (TGIS) Sentul, Kabupaten
Bogor
No other version available