Electronic Resource
Pengaruh Penerapan Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial Dan Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTS Al Hidayah 2 Citaringgul Kabupaten Bogor
Dalam proses pembelajaran mengaitkan dua pelaku aktif yaitu guru dan
siswa. Guru atau pendidik bertugas untuk mengajar dan mendidik yang mempunyai
wewenang serta tanggung jawab terhadap pembelajaran siswanya, baik di sekolah
ataupun di luar sekolah, baik secara individual maupun secara klasikal. Oleh karena
itu, guru sepatutnya memiliki kemampuan atau kompetensi yang kompeten dalam
melaksanakan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar baik dalam kompetensi
pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.
Dengan adanya hal tersebut, maka guru yang bertugas sebagai pendidik diharapkan
mampu memotivasi siswa untuk belajar lebih baik yang sesuai dengan kompetensi
guru tersebut sehingga hasil belajar yang diharapkan bisa tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompetensi pedagogik,
kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional terhadap
hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul baik secara parsial
maupun secara simultan. Jenis Penelitian ini ialah penelitian tipe kuantitatif non
eksperimen dengan jenis korelasional. populasi penelitian ini adalah semua siswa
di kelas VIII di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul, yaitu sebanyak 60 orang. dengan
sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yang terdapat di NonProbability Sampling, sehingga jumlah sampel yang diambil adalah seluruh siswa
kelas VIII yaitu sebanyak 60 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1).Terdapat pengaruh positif yang
signifikan kompetensi pedagogik (X1) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas VIII
di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul Kabupaten Bogor. 2). Terdapat pengaruh positif
yang signifikan kompetensi kepribadian (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas
VIII di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul Kabupaten Bogor. 3).Terdapat pengaruh
vii
positif yang signifikan kompetensi sosial (X3) terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas
VIII di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul Kabupaten Bogor. 4). Terdapat pengaruh
positif yang signifikan kompetensi profesional (X4) terhadap hasil belajar siswa (Y)
kelas VIII di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul Kabupaten Bogor. 5).Terdapat
pengaruh kompetensi pedagogik (X1), kompetensi kepribadian (X2), kompetensi
sosial (X3), dan kompetensi profesional (X4) secara simultan atau bersama-sama
terhadap hasil belajar siswa (Y) kelas VIII di MTs Al Hidayah 2 Citaringgul
Kabupaten Bogor.
No other version available