Electronic Resource
Pengaruh disiplin, motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Tanjung pandan Belitung
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin, Motivasi
Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Smp Negeri
5 Tanjung Pandan, Belitung.
Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif dan mensurvei 188
melalui media elektronik (google Form). Penelitian menggunakan pemodelan
Analisis regresi linier berganda dengan mengambil studi kasus SMP N 5 Tanjung
Pandan, Belitung.
Hasil/Temuan: Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 4 Hipotesis terdapat
3 hipotesis yang diterima, yakni 1. Disiplin belajar memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP N 5 Tanjung Pandan, Belitung.
Siswa yang memiliki disiplin belajar yang kuat mungkin lebih siap menghadapi
tantangan dalam proses pembelajaran. 2. Motivasi belajar memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP N 5 Tanjung Pandan, Belitung.
Semakin tinggi tingkat motivasi belajar, kemungkinan hasil belajar akan
meningkat. 3. Fasilitas belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
hasil belajar siswa di SMP N 5 Tanjung Pandan, Belitung. Efektivitas fasilitas
belajar mungkin tergantung pada sejauh mana siswa terlibat dalam proses
pembelajaran. Jika siswa kurang aktif dalam memanfaatkan fasilitas belajar yang
ada, pengaruhnya terhadap hasil belajar dapat menjadi terbatas. 4. Variabel disiplin
belajar, motivasi belajar dan fasilitas belajar berpengaruh signifikan secara simultan
terhadap hasil belajar siswa di SMP N 5 Tanjung Pandan, Belitung.
No other version available