Electronic Resource
Pengaruh Gaya Belajar Siswa, Gaya Mengajar Guru, Dan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaraja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari gaya
belajar siswa, gaya mengajar guru, dan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Sukaraja. Jenis penelitian yang
digunakan oleh peneliti ialah jenis penelitian dengan metode pendekatan kuantitatif
yang menggunakan model penelitian analisis regresi linier berganda. Populasi
penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaraja yaitu sebanyak
458 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 83 siswa yang dipilih menggunakan
rumus problem slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan
cara observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan dari uji hipotesis yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan
bahwa, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa terhadap hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaraja dengan nilai
t-hitung < t-tabel atau -1.307 < 1.990 dengan probabilitas signifikan sebesar 0,195 >
0,05. Pada variabel selanjutnya, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara gaya
mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP
Negeri 2 Sukaraja dengan nilai t-hitung > t-tabel atau 15.894 > 1.990 dengan
probabilitas signifikan 0,000 < 0,05. Pada variabel terakhir, terdapat pengaruh positif
yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Sukaraja dengan nilai t-hitung > t-tabel atau
7.884 > 1.990 dengan probabilitas signifikan 0,000 < 0,05.
Dilihat dari uji koefisien determinasi pada nilai R Adjusted Square yaitu sebesar
0,794 atau 79,4%. Artinya sebanyak 79,4% pengaruh dari gaya belajar siswa, gaya
vii
mengajar guru, dan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa sedangkan 20,6%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
No other version available