Electronic Resource
Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Kelas VIII IPS SMP Negeri 1 Curugbitung
Hakekat pendidikan pada dasarnya merupakan suatu yang dilakukan oleh
manusia untuk meningkatkan taraf hidup kearah yang lebih baik. Pendidikan
merupakan suatu kekuatan dinamis yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan
fisik, mental, etika dan seluruh aspek kehidupan manusia. Pendidikan tidak terlepas
dari kegiatan belajar mengajar dimana Pendidikan adalah proses yang dilakukan
seseorang untuk mencapai sebuah cita-cita. Dalam saat proses belajar mengajar di
sekolah tentunya setiap siswa berharap akan dapat mencapai prestasi yang baik dan
memuaskan sesuai dengan usahanya masing-masing. Penelitian ini dibuat bertujuan:
1). Untuk melihat pengaruh kecerdasan Intelektual terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMPN 1 Curugbitung. 2.) Untuk melihat pengaruh
kecerdasan Emosional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas
VIII A di SMPN 1 Curugbitung. 3.) Untuk melihat pengaruh kecerdasan Spiritual
terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMPN 1
Curugbitung. 4.) Untuk melihat pengaruh kecerdasan Intelektual, Emosional dan
Spiritual terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A di SMPN
1 Curugbitung.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Curugbitung yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas VIIIA, VIIIB, VIIIC sebanyak 84
siswa. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan nonprobability
sampling. Maka dengan ini peneliti mengambil sampel seluruh siswa kelas VIII di
SMPN 1 Curugbitung yang berjumlah 84 siswa. Penelitian ini mengambil data prestasi
belajar yaitu dari nilai rapor semester genap tahun ajaran 2022/2023, dan data
vii
kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual diperoleh melalui
penyebaran Angket. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji
hipotesis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1.) Pada variabel Kecerdasan
Intelektual (X1) terdapat Pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar
siswa. Hal ini dapat ditunjukkan oleh hasil uji Thitung > Ttabel nilainya sebesar (4,018 >
1,991) maka hal ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama H0 ditolak dan H1
diterima. 2.) Pada variabel Kecerdasan Emosional (X2) terdapat Pengaruh negatif yang
signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan oleh hasil uji Thitung
> Ttabel nilainya sebesar (-5,371 > 1,991) maka hal ini dapat disimpulkan bahwa
hipotesis kedua H0 ditolak dan H1 diterima. 3.) Pada variabel Kecerdasan Spiritual (X3)
terdapat Pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini dapat
ditunjukkan oleh hasil uji Thitung > Ttabel nilainya sebesar (3,926 > 1,991) maka hal ini
dapat disimpulkan bahwa hipotesis ketiga H0 ditolak dan H1 diterima. 4.) Pada variabel
Kecerdasan Intelektual (X1), kecerdasan Emosional (X2), dan Kecerdasan Spiritual
(X3) terdapat Pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini
dapat ditunjukkan oleh hasil uji F yaitu, nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung
14,197 > 2.72, Kemudian dibuktikan dari nilai koefisien determinasinya pada adjusted
R Square sebesar 0,334 atau 0,334% yang menunjukkan kontribusi dari variabel bebas
yaitu variabel IQ (X1), EQ (X2), dan SQ (X3) berpengaruh secara simultan juga
terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 1
Curugbitung.
No other version available