Electronic Resource
Rencana Pengembangan Bisnis Ritel Material Toko Hemat Bangunan Dengan Analisis Bisnis Model Kanvas
Bisnis material bangunan adalah suatu unit usaha yang menyediakan
berbagai macam alat dan bahan-bahan bangunan seperti pasir, semen, batu-bata,
kerikil, kayu, besi, seng, dan lain sebagainya. Bisnis material bangunan ini
menyediakan kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi yakni kebutuhan akan
tempat tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih dalam lagi
terkait customer segment dan value propositions serta merumuskan strategi agar
bisnis ini dapat berkembang lebih besar dan baik. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara dan observasi secara langsung dengan responden. Setelah melakukan
wawancara dan observasi, muncul beberapa permasalahan yang dialami oleh
responden. Adapun masalah yang dialami responden tersebut adalah proses
pengantaran yang masih dikatakan lama, kurangnya fasilitas, dan kurangnya
kelengkapan produk yang ada di toko. Dari beberapa masalah tersebut dapat
menghasilkan beberapa solusi seperti dengan adanya penambahan mobil dan supir,
adanya penambahan fasilitas, dan lebih melengkapkan produk dengan jenis dan
merek yang berbeda-beda pula. Hasil penelitian ini diperoleh melalui wawancara
dan observasi sesuai dengan customer segment yang telah ditentukan. Dimana
customer segment yang dimaksud adalah masyarakat Kecamatan Tualang yang
pernah berbelanja di Toko Hemat Bangunan dengan kategori karyawan swasta,
tukang, ibu rumah tangga, serta pelajar atau mahasiswa. Sedangkan value
propositions dari Toko Hemat Bangunan adalah adanya pelayanan prima,
membantu menyelesaikan masalah konsumen, serta menyediakan jasa tukang dan
jasa konsultasi terkait pembangunan.
No other version available