Electronic Resource
Rencana Bisnis Mukena Cantik.Id Dengan Analisis Model Kanvas
Tujuan: Mukena merupakan salah satu busana Muslimah syari yang biasanya
dipakai secara khusus untuk melaksanakan sholat, baik sholat di rumah maupun
masjid atau tempat lainnya. Mukena adalah pakaian perlengkapan utama wanita
dalam ibadah sholat, sehingga diperlukannya memiliki lebih dari dua mukena untuk
meminimalisir penggunaan mukena yang mungkin kurang bersih, dan bagi yang
memiliki kulit sensitif, mudah alergi apabila menggunakan perlengkapan yang
kurang bersih. Inovasi mukena merupakan sesuatu hal yang baru, melakukan
berbagai pembaruan yang terbentuk dalam sebuah produk, ide, dan desain. Produk
mukena untuk para muslimah sejauh ini masih mengalami kekurangan dari berbagai
sisi. Mulai dari tekstur bahan yang kurang sesuai karena bahan yang panas sehingga
tidak nyaman saat digunakan. Model mukena yang kurang fashionable dan terlalu
monoton saat digunakan. Dalam penelitian model bisnis kanvas ini, cantik.id
memiliki fokus terhadap dua objek penelitian Customer Segment dan Value
propositions.
Metode: Teknik pengumpulan data dan analisis data yang digunakan untuk rencana
bisnis mukena Cantik.id pada penelitian ini yaitu Teknik wawancara dan Teknik
observasi melalui pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan melalui dua tahap
yaitu uji masalah dan uji solusi dengan melakukan wawancara dan juga penawaran
solusi kepada 30 responden.
Hasil/Temuan: Berdasarkan pengujian masalah dan pengujian solusi, hasil yang
didapatkan berupa penetapan model bisnis baru pada komponen Customer segment,
Value propositions. Pada Customer segments terdiri dari pelajar dan pekerja. Value
Proposition pada model bisnis mukena Cantik.id memiliki tiga nilai penting yang
berkaitan dengan produksi mukena. Yang pertama desain yang exclusive, simple
dan stylish. Cantik.id mendesain produk mukena dengan konsep kekinian
mengikuti perkembangan zaman.
No other version available