Electronic Resource
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Studi Pada Rumah Makan Padang Zulaikha di Kota Medan
"Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan kepuasan konsumen secara
parsial dan simultan terhadap minat beli ulang konsumen studi pada rumah makan
padang Zulaikha di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan model uji regresi
linear berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS Statistic 20.0 for windows
untuk memperlancar penelitian. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang
datang berkunjung dan membeli masakan padang di rumah makan padang
Zulaikha di Kota Medan, pengambilan sampel dengan sampel acak sehingga
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah data
primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan, persepsi harga dan kepuasan konsumen secara parsial dan simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di rumah
makan padang Zulaikha di Kota Medan. Kualitas pelayanan sebesar 44,8%
menjelaskan minat beli konsumen, harga sebesar 25,1% menjelaskan minat beli
konsumen, dan kepuasan konsumen sebesar 23,5% menjelaskan minat beli
konsumen, sehingga variabel yang paling besar menjelaskan minat beli konsumen
adalah kualitas pelayanan dibandingkan harga dan kepuasan konsumen.
Terdapat korelasi kuat antara kualitas pelayanan, harga dan kepuasan
konsumen dengan minat beli ulang konsumen dan minat beli ulang konsumen di
rumah makan masakan padang Zulaikha kota Medan dapat dijelaskan oleh
kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen sebesar 43,5% dan sisanya
56,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar lingkup penelitian yang tidak
dilakukan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pihak rumah makan padang
Zuliakha sebaiknya melakukan perbaikan atas pelayanan yang masih belum
optimal agar konsumen tidak merasa kecewa. Saran yang dapat disampaikan yaitu
dapat menambah referensi tambahan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti
tentang keputusan pembelian pada rumah makan di daerah lai"
No other version available